Bapak-Ibu Guru Yang Terhormat Sadarkah Kita Bahwa Ujian Nasional (UN) Sesungguhnya Tidak Lagi Dibutuhkan dan Tak Perlu Diadakan Tahun Depan karena Alasan Ini


Catatan Eko Prasetyo

Ujian nasional (UN) masih menjadi topik yang menarik. Buktinya, artikel tentang UN dengan berbagai sudut pandang mudah dijumpai di media massa. Pemberitaannya pun belakangan kembali ramai. Itu dipicu oleh adanya konvensi UN oleh pihak Kemendikbud dan konvensi tandingan UN yang diadakan Koalisi Reformasi Pendidikan (KRP).

Perdebatan tentang UN pun menguat kembali. Kubu Kemendikbud beralasan bahwa UN masih dibutuhkan untuk mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Kubu yang kontra (KRP cs) mengutuk UN karena menjerumuskan anak bangsa. Tentu masing-masing pihak tersebut mengklaim punya bukti dan argumen kuat.

Namun, jika kita tinjau secara bijaksana, sesungguhnya UN yang digagas JK (Jusuf Kalla) ini sebenarnya sudah ketinggalan zaman. Sudah usang. Mengapa? Sebab, target pemerintah (baca: Kemendikbud) telah tercapai.

Dalam opininya di sebuah koran nasional, JK mengatakan bahwa salah satu alasan pentingnya penyelenggaraan UN adalah meningkatkan mutu pendidikan nasional. Alasan ini tidak ditampik oleh Kemendikbud. Jadi, sesungguhnya UN tak dibutuhkan lagi dan tidak perlu diadakan kembali tahun depan.

Ngapain? Kan jelas. Lha wong tingkat kelulusan UN nyaris selalu 100 persen. Baik sekolah yang ada di kota maupun di pelosok desa. Kalaupun ada pengecualian, itu adalah kasus SMAN 2 Ngawi yang siswanya tidak lulus 100 persen pada 2010. Gara-garanya sepele: kunci jawabannya salah dan cilokonya semua siswa telanjur mendapatkan bocoran itu serta mengerjakannya.

Di luar insiden heroik di Ngawi tersebut, tidak terdengar lagi sekolah yang mengalami serupa. Jadi, sebenarnya para pelajar di Indonesia ini sudah pintar-pintar. So, buat apa memaksakan UN? Percuma!

Graha Asri, 3 Oktober 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 3, 2013, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: