Ketua MK Ditangkap Tangan, Siapa Lagi yang Dapat Dipercaya?


Catatan Eko Prasetyo

Baru bangun tidur sekitar pukul 23.00, saya kaget saat nyetel TV. Niatnya menunggu tayangan Liga Champions laga Manchester City versus Bayern Munchen. Namun, beberapa stasiun TV swasta menyiarkan breaking news soal penangkapan tangan oleh KPK terhadap dua penyelenggara negara.

Yang mengejutkan, salah seorang di antaranya adalah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Muchtar (AM). Satu lagi ialah CHN yang diduga anggota DPR. Bersama mereka, KPK juga menangkap tiga orang lainnya. Masing-masing berinisial CN (pengusaha), HB (kepala daerah), dan DH (pihak swasta).

AM, CHN, dan CN ditangkap tangan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. Tepatnya di kediaman AM. Dua lainnya (HB dan DH) ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Dalam operasi tangkap tangan tersebut, KPK ikut menyita uang dolar  Singapura senilai sekitar Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar. Namun, untuk mengetahui jumlah pastinya secara akurat, pihak KPK masih menghitung.

Dari jumpa pers Kamis dini hari (3/10), juru bicara KPK Johan Budi membenarkan adanya operasi tangkap tangan itu. Johan menambahkan, operasi tangkap tangan itu terkait dengan sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Tertangkapnya ketua MK ini jelas menjadi preseden buruk. Sebagaimana dituturkan Mahfud M.D. dalam wawancara langsung dengan Metro TV, Mahkamah Konstitusi menjadi salah satu lembaga tinggi negara yang banyak menangani kasus-kasus, termasuk kasus sengketa pilkada. Mahfud menyatakan kaget dan prihatin dengan penangkapan tangan terhadap AM. ”Jika KPK sudah menangkap tangan, sulit jika kasusnya tidak terbukti. Biasanya pasti terbukti,” ujarnya kepada Metro TV.

Satu hal penting yang sempat saya catat dari perkataan Mahfud M.D. adalah ”Kalau seorang pejabat MK sudah begitu (ditangkap tangan karena terseret dugaan kasus), lantas siapa lagi yang bisa dipercayai?”

Graha Asri, 3 Oktober 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 2, 2013, in Berita. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Hohohoho…, shocked!
    saya juga kaget pas tengah malam denger ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: