Pojok Bahasa: Menambah Kemenangan


Catatan Eko Prasetyo

Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 mengawali Piala AFF U-19 dengan manis dalam laga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (10/9). Evan Dhimas dan kawan-kawan berhasil menundukkan skuad Brunei U-19 dengan skor telak 5-0. Gol-gol tim Merah Putih dilesakkan Ilham Udin (13’ dan 30’), Alqomar Tehapelasury (29’), serta Muchlis Hadi Ning Syaifulloh (61’ dan 86’).

Dengan hasil tersebut, tim asuhan Indra Sjafri itu memuncaki klasemen sementara grup B. Hal ini tak lepas dari hasil dua pertandingan lainnya. Thailand U-19 kalah tipis 2-3 oleh Vietnam U-19. Di laga lainnya, tim kuat Malaysia secara U-19 mengejutkan ditahan imbang oleh Myanmar U-19.

Sebagai penggemar sepak bola dan warga Indonesia, tentu saja saya bangga dengan raihan timnas Garuda Muda ini. Namun, kebanggaan saya atas torehan bagus tersebut agak terganggu oleh ucapan salah seorang komentator pertandingan.

Ketika timnas masih unggul 3-0 hingga pertengahan babak kedua, si komentator mengatakan: Indonesia belum berhasil menambah kemenangan. Sekilas mungkin tak ada masalah dalam kalimat tersebut. Namun, bagi mereka yang menyimak langsung jalannya pertandingan, kalimat tersebut tidak pas. Mengapa?

Sebab, timnas Indonesia U-19 saat itu sedang bertanding di laga pertama dan tidak langsung melanjutkan pertandingan laga kedua. Di sisi lain, timnas belum pasti akan menang saat itu dan Brunei masih memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Apalagi, laga masih berjalan dan segala kemungkinan masih bisa terjadi dalam sepak bola.

Maka, penggunaan kata “kemenangan” membuat kalimat tadi kurang bijak –untuk tidak mengatakan kurang tepat– karena seakan-akan memupus harapan tim lawan (meskipun dalam laga tersebut tim Garuda Muda menguasai laga). Untuk itu, perbaikannya bisa dilakukan sebagai berikut.

  1. Indonesia belum berhasil menambah skor.
  2. Skor keunggulan Indonesia belum bertambah.

11 September 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on September 11, 2013, in Bahasa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: