Catatan Literasi (8) Nonton Film Vampir


Catatan Must Prast

Mengajar menulis itu paling enak dengan media film. Kenapa? Soale saya senang nonton film. Dalam suatu pelatihan menulis untuk mahasiswa, saya bawa kaset DVD film Twilight dan malah ngajak mereka nonton.

Untung, acaranya pas Minggu sehingga nggak ada protes. Toh, sebelumnya saya sudah ngasih tahu panitia bakal ada acara nonton film. Deal.

Ternyata ada yang belum tahu bahwa Twilight itu diadaptasi dari fiksi terkenal berjudul sama karangan Stephenie Meyer. Yo wis rapopo. Saya lantas ndongengi kembali bahwa Meyer menulis empat novel laris. Selain Twilight, dia mengarang Eclipse, New Moon, dan Breaking Dawn.

Saya bilang ke adik-adik mahasiswa tersebut bahwa ide nulis itu ndak susah dicari. Bahkan, ngimpi basah pun bisa jadi gagasan suatu cerita. Contohnya ya Stephenie Meyer ini.

Tapi, idenya bukan dari mimpi basah (rumah kebanjiran) lho, melainkan ngimpi sepasang muda-mudi. Dalam sebuah pengakuannya, Meyer mimpi melihat seorang pemuda berbaring bersama teman perempuannya. Dan cowok dalam mimpi Meyer adalah vampir!

Mimpi tersebut terbawa-bawa terus dalam benak Meyer. Ia lantas menulis novel Twilight yang gagasannya lahir dari mimpi itu. Akhirnya, para penikmat fiksi dan film Twilight dari berbagai penjuru dunia bisa mengenal tokoh Bella Swan dan Edward Cullen tersebut.

Diskusi kian seru. Kami sama-sama belajar mengembangkan tema, bikin plot, hingga konflik cerita. Di luar dugaan, pelatihan molor sampai menjelang ashar. Belajar menulis dengan nonton film memang asyik. Ketimbang nonton dagelan politik di TV.

Sidoarjo, 21 Agustus 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on September 3, 2013, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: