Laporan Seminar Literasi HUT I SSW (2)


Terlalu Banyak Politikus

Catatan Must Prast

Pengusaha properti Ismail Nachu ternyata tidak hanya jago berbisnis. Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) cabang Jatim itu juga piawai membaca puisi.

Sebelum menutup sambutannya dalam seminar Membangun Budaya Literasi di perpustakaan Unair (18/8), Ismail membawakan puisi yg berjudul I Love You Indonesia. Di luar dugaan, bacaan puisi ini dibuka dengan suara tinggi. “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk…!!!” buka Ismail sambil menggebrak meja tepat saat ia mengucapkan kata terkutuk.

Puisi ini sangat pendek, hanya berisi beberapa baris. Muatan kritik sosialnya begitu kentara ketika Ismail mengungkapkan keprihatinan terhadap kasus-kasus korupsi yang saat ini menghantam Indonesia.

Kendati merasa sesak dada melihat ketamakan manusia lewat sajian korupsi sekarang, Ismail berpikir bahwa dirinya harus berbuat sesuatu. Tujuannya berupaya memutus mata rantai korupsi. “Sebab, I love Indonesia….” ucapnya yang disambut riuh para audien.

Salah satu bentuk kepedulian itu ia wujudkan dengan ikut menciptakan iklim literasi. Kendaraannya adalah Sirikit School of Writing (SSW).

Pria berkacamata itu menyatakan tidak memiliki target keuntungan dalam perannya sebagai komisaris di SSW. “Saya nggak profit oriented di sini. Toh kalau bicara profit, pasti nggak seberapa,” ucap pengusaha yang kini menggarap proyek perkantoran di kawasan A. Yani, Surabaya, tersebut. Karena itu, ia ingin berkontribusi membangun budaya literasi di SSW.

Ismail menuturkan, di Indonesia sudah terlalu banyak politikus. Negara ini juga memiliki banyak ahli. “Tapi, kita masih sedikit memiliki penulis. Untuk itu, literasi perlu terus dikampanyekan kepada generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

Surabaya, 18 Agustus 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Agustus 20, 2013, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: