Festival Literasi Cerita Rakyat


Catatan Must Prast

nasi bakar + brengkes pindang = tak peduli perut bergelambir

Saya berniat mengajak kerja sama Faradina Izdhihary, bos Pustaka Nurul Haqqy, untuk bikin festival literasi pendidikan di Jawa Timur (Jatim). Bukan lantaran beliau adalah kakak saya, tetapi visi kami memang sama dalam hal mengembangkan literasi di lingkungan sekolah. Ada apa saja?

Gagasan ini mencuat salah satunya karena keprihatinan atas memudarnya kepedulian masyarakat Jatim terhadap cerita rakyat. Saya menemui banyak siswa yang tidak tahu cerita rakyat di daerah mereka. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya, mereka tidak pernah mendapatkan atau mendengar cerita rakyat tersebut di sekolah.

Konsepnya saya rancang dengan mengadakan kegiatan penelitian terhadap cerita rakyat yang ada di tiap-tiap daerah di Jatim. Misalnya, siswa di Madiun melakukan riset dengan mewawancarai tokoh warga dan studi literatur tentang cerita rakyat setempat. Atau, pelajar di Sumenep menelusuri jejak-jejak cerita rakyat setempat. Tujuannya, penelitian ini diharapkan bisa menjadi literatur penting bagi Provinsi Jatim dan Indonesia pada umumnya.

Selanjutnya, ada lomba mendongeng cerita rakyat dalam bahasa Jawa. Selain menjadi hiburan tersendiri, saya berharap lomba ini dapat melestarikan warisan budaya dan bahasa Jawa serta menggali nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut. Tentu lomba ini bakal seru. Kemudian ada pula lomba membaca cerita rakyat yang dibagi dalam beberapa kategori.

Bisa dibayangkan besarnya manfaat apabila putra-putri kita di Bangkalan, Pulau Bawean, Mojosari, Tuban, Jember, Plaosan (pasti Anda nggak tahu ini di mana), hingga Pacitan mampu menghasilkan banyak penelitian terbaru tentang cerita rakyat di daerah masing-masing. Nurul Haqqy bisa menerbitkan penelitian yang layak dan terbaik. Pasti wow.

Meski ini ide sederhana, secara realistis saya harus katakan bahwa biayanya tidak sederhana untuk merealisasikannya. Perlu dukungan banyak pihak, baik instansi pemerintahan maupun swasta, yang peduli literasi. Semoga saja.

Kota Delta, 17 Juli 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juli 16, 2013, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: