Kiat Mendorong Siswa Membaca


Catatan Must Prast

Sebagaimana diketahui bersama, membaca merupakan sarana paling penting untuk mendapatkan ilmu. Karena itu, sudah semestinya para guru menanamkan kebiasaan membaca kepada anak didik. Ada beberapa cara untuk mendorong siswa membaca. Sebagaimana dikutip dari Winarno (2012), terdapat tujuh kiat yang bisa diterapkan di kelas.

Pertama, melaksanakan pameran buku. Untuk kegiatan ini, kita bisa menggunakan sarana visual dan audio visual serta memanfaatkan sarana-sarana informasi lain untuk mendorong siswa semakin gemar membaca. Pameran buku bisa diselenggarakan tiap sekali sebulan atau sekali sepekan.

Kedua, mengadakan seminar-seminar budaya membaca. Dewasa ini dorongan arus untuk berbudaya literasi kian deras. Tak heran, banyak diskusi atau seminar literasi diselenggarakan. Contohnya, kampanye literasi yang dihelat Program PPG Unesa pada 29 Juni 2013. Diskusi santai ini dihadiri Budi Darma yang ikut menyuarakan pentingnya budaya baca tulis.

Ketiga, membiasakan anak-anak sejak kecil gemar membaca dengan memberikan hadiah-hadiah dan pujian, membelikan buku anak yang menarik, serta menganjurkan mereka menyisihkan sebagian uang jajan untuk membeli buku yang disukai.

Keempat, membuat perpustakaan di rumah dengan bentuk yang tertib, unik, dan menarik.

Kelima, mengadakan perlombaan yang mengajak orang lain gemar membaca.

Keenam, memberikan hadiah kepada para penulis dan pembaca dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan literasi.

Ketujuh, memperhatikan penerbitan buku dan menjualnya dengan harga yang logis. Tindakan lainnya adalah ikut memberantas buta aksara, berusaha mencari donator untuk menerbitkan buku-buku penting guna disebarluaskan, dibagikan secara cuma-cuma, atau dijual dengan harga yang amat murah.

Kiranya, tujuh kiat tersebut tidak terlalu sulit untuk direalisasikan. Apalagi jika terjalin sinergi yang baik dan tepat dari seluruh warga sekolah, mulai kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, hingga wali murid. Kita bisa melakukannya.

Kota Delta, 9 Juli 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juli 9, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: