Indie Itu Keren!


Catatan Eko Prasetyo

Sudah lama saya mengikuti kiprah beberapa band tanah air yang memulai dari jalur indie. Di antaranya, The Adams, Goodnight Electric, dan Efek Rumah Kaca. Setidaknya tiga band indie itu adalah favorit saya.

Bagi band indie, selera pasar menjadi nomor sekian. Yang utama adalah kreativitas bermusik. Dari sisi kualitas musik, karya mereka nggak kalah keren. Contohnya, The Adams.  

Lagu-lagu mereka seperti Halo Beni, Hanya Kamu, dan Berwisata jadi hit. Hebatnya, The Adams bikin lagu superkeren untuk original soundtrack film Janji Joni yang diperankan Nicholas Saputra. Judulnya Konservatif. Belum pernah saya mendengarkan lagu dengan beat yang menghantui banget seperti Konservatif.

Beralih ke Goodnight Electric, band ini melejit dengan hitnya yang bertajuk I’m Ok. Sementara Efek Rumah Kaca mengentak lewat lagu Cinta Melulu. Lagu ini menyindir habis-habisan band-band yang mengusung lirik cinta-cintaan alias roman picisan. Termasuk band yang beraliran musik Melayu seperti Setia Band (dulu ST12), Armada, dan D’Bagindas yang saat ini mewarnai belantika musik Indonesia.

Bukan hanya lirik yang menggugah dan kuat, kualitas musik Efek Rumah Kaca tidak kalah dengan band-band asing sekalipun. Saya kira, lagu Cinta Melulu adalah salah satu lagu terbaik yang pernah ada di Indonesia. Musiknya pun enak banget di telinga.

Saya pernah menonton aksi panggung mereka. Termasuk The Upstairs yang kondang dengan lagu Matraman. Keren punya brur!

Jadi, menurut saya, musik indie adalah cita rasa yang lain. Kreativitas dan kualitas berpadu jadi satu, tapi tetap easy listening.

Sama dengan menulis buku, penulis yang merintis dari jalur indie mungkin tidak kalah dengan penulis dari penerbit mayor. Dewi Lestari yang lebih dikenal dengan Dee telah membuktikannya. Karya pertamanya, Supernova, diterbitkan sendiri.

Setelah mendapat sambutan baik, novel ini diterbitkan oleh sebuah penerbit mayor. Nasibnya hampir sama dengan The Adams atau Efek Rumah Kaca. So, jangan berkecil hati jika memulai dari jalur indie!

Kota Delta, 4 Juni 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 17, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: