Berikan Bacaan yang Tepat


Catatan Eko Prasetyo

sop buntut + teh hangat = lupa jemuran

Untung ada Mbak Susan Carter. Dia mengajar siswa kelas 1 di SD Jackson Park, Missouri, Amerika Serikat. Kiatnya dalam membangun minat siswa dalam membaca bisa dicontoh dan diterapkan oleh para guru di Indonesia saat kegiatan belajar mengajar.

Dalam buku Best Practices for Teaching Reading yang ditulis Randi Stone, Susan mengungkapkan bahwa guru selayaknya memberikan bacaan yang tepat kepada para murid. ”Mereka akan cepat berkembang jika banyak membaca,” tegasnya.  

Yang paling penting adalah siswa harus diberikan buku yang sesuai dengan kemampuannya. ”Mereka tidak akan berkembang cepat jika selalu diberikan buku yang mudah dibaca. Mereka juga bakal merasa frustrasi kalau diberi buku yang sulit dibaca. Jadi, pastikan setiap murid diberi bacaan yang sesuai dengan kemampuannya,” papar Susan.

Dia menambahkan, jika siswa sudah mampu membacanya dengan lancar tanpa masalah, mereka perlu buku yang sedikit lebih sulit. ”Apabila mereka membuat lima kesalahan dalam membaca, berikanlah buku yang lebih mudah,” sarannya.

Wah, Mbak Susan mengingatkan saya pada saat saya masih memakai celana pendek merah di kelas 1 SD dulu. Selalu saja saya diajari membaca sekaligus mengeja kalimat di bawah ini.

I-ni  ba-pak  Bu-di

I-ni  i-bu  Bu-di

Bu-di  su-ka  mem-ba-ca

Ya hampir begitu terus tiap ada pelajaran bahasa Indonesia. Menjemukan. Beda zaman saya saat SD dulu, beda pula zaman murid SD sekarang. Bacaan mereka dalam pelajaran bahasa Indonesia lebih variatif. Tapi ya begitu itu, membaca bagi sebagian murid tetap dianggap sebagai pekerjaan yang buang-buang waktu. Apalagi jika bacaannya tidak termasuk soal yang di-unas-kan, tambah bikin males. Jadi?

Kota Delta, 7 Juni 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 17, 2013, in Literasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: