Asma Nadia: Menulis Itu Amal Jariyah


Pagi ini saat saya ngopi di Indomaret A. Yani Surabaya, seorang kawan dari FLP Lampung langsung ngasih kabar gembira. Pihaknya memang baru saja kedatangan tamu spesial. Yakni, Asma Nadia.

Dia langsung menyodorkan berita wawancara dengan Asma Nadia yang pagi ini dimuat di Lampung Post. Judulnya mentereng: Menulis Itu Amal Jariyah.

Bagi saya, Asma bukan sekadar penulis produktif. Ia juga penggiat dakwah. Baru-baru ini ia memberikan motivasi kepada puluhan BMI yang tergabung dalam FLP Hongkong.

Kalimat Asma yang masih bergaung di telinga saya sampai saat ini adalah dakwah itu bukan cuma tugas ulama, tapi setiap muslim. Salah satu bentuknya bisa berupa tulisan.

Menurut dia, tulisan memiliki kekuatan hebat untuk mengajak orang lain melakukan suatu tindakan. Tak heran jika ada pepatah bahwa pena lebih tajam daripada pedang. Banyak tokoh dunia yang melakukan kampanye gagasannya melalui tulisan. Misalnya, Adolf Hitler (Mein Kampf), Charles Darwin (teori evolusi), dan Lionel Messi.

Mereka sadar bahwa tulisan bisa berumur panjang, jauh melebihi pengarangnya. Mereka sadar bahwa tulisan mampu menjadi alat propaganda yang luar biasa dahsyat. Karena itu, Asma selalu berusaha mengajak orang lain untuk berbuat positif lewat goresan pena.

Yang saya ingat pula, Asma dapat membius jutaan pembaca lewat cerpennya yang sederhana tapi menggugah. Yaitu, Emak Ingin Naik Haji. Ia memotret kehidupan kaum marginal secara apik dan wajar. Hebatnya, tetangga saya yang anggota Marinir persis di sebelah rumah langsung umrah bersama istrinya setelah menonton film berjudul sama, yang diadaptasi dari cerpen tersebut.

Secara tidak langsung, Asma bisa membuktikan ucapannya bahwa menyerukan kebaikan dapat dilakukan lewat tulisan. Mungkin inilah yang dimaksud sebagai salah satu bentuk amal jariyah (kebaikan). Ini juga representasi dari sebuah sabda Nabi, yakni sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Indomaret A.Yani, 16 Juni 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 17, 2013, in Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: