Kampanye Literasi lewat Puisi


covermerekam - CopySIDOARJO – Penulis muda Eko Prasetyo meluncurkan buku puisi terbarunya yang berjudul Merekam dengan Kata-Kata di Kota Delta kemarin (12/6). Dalam kegiatan yang diselenggarakan bersama Komunitas Cinta Baca Sidoarjo tersebut, alumnus Universitas Negeri Surabaya itu berterus terang bahwa puisi belum banyak diminati oleh banyak kalangan.

”Kebanyakan masih berpikir puisi itu penuh dengan kata-kata rumit yang sulit dipahami. Nah, saya ingin mendobrak anggapan tersebut lewat buku ini,” ujarnya. Pada acara itu, Eko juga membacakan beberapa puisinya yang bertema sosial. Di antaranya, Manfaat Menulis, Gadis Cilik Kremil, Gaza Sonata, dan Rampak Naong.
Mengapa Sidoarjo dipilih sebagai tempat peluncuran? Ia mengungkapkan, geliat literasi di Kota Udang saat ini cukup baik. Menurut dia, banyak komunitas yang peduli terhadap dunia tulis-menulis di Sidoarjo. Misalnya, Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Sidoarjo, Paguyuban Penulis Cilik Sidoarjo, dan Komunitas Cinta Baca Sidoarjo. ”Iklim inilah yang saya harapkan selain saya sendiri merupakan warga Sidoarjo,” tutur pria yang tinggal di kawasan Sukodono tersebut.

Sementara itu, ketua panitia acara Didik Widiyantoro menjelaskan bahwa kegiatan semacam ini akan terus dilestarikan. ”Kami ingin menjangkau kalangan yang lebih luas untuk mengampanyekan gerakan cinta baca dan menulis,” tegas alumnus ITS tersebut. Menurut Didik, buku Merekam dengan Kata-Kata bisa menjawab tantangan itu. Sebab, ujarnya, buku tersebut menggambarkan banyak tema dengan ungkapan yang mudah ditangkap dan dipahami pembaca. ”Isinya sederhana, namun sarat pesan sosial,” paparnya.

Rini, salah seorang peserta, mengaku terkesima dengan buku Merekam dengan Kata-Kata. ”Bagus banget puisi-puisinya. Saya paling suka dengan puisi bahasa Jawa di situ,” ungkapnya. Didik berharap, aktivitas membaca di masyarakat semakin baik. ”Dengan membaca buku, kita bakal bisa mengejar ketertinggalan dari bangsa lain,” yakinnya. (rdy/pr)

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Juni 13, 2013, in Berita. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: