Modal untuk Menuju Well Informed


Catatan Eko Prasetyo

kopi + molen = ketenangan batin

Dalam buku Subconscious Mind in Action (2009), Lynn Pierce bercerita tentang Chyntia Bryan. Chyntia adalah seorang kutu buku yang mengarang Chicken Soup for the Gardener Soul dan Be the Star You Are. Pierce berkisah, Chyntia Bryan bisa melahap beberapa buku dengan cepat dalam seminggu.

Ke mana pun pergi, Chyntia selalu membawa buku. Ia suka meluangkan waktu dua jam untuk membaca tiap malam ketimbang menonton televisi. Lynn juga mengaku dirinya seorang kutu buku.

”Pada umumnya, kita tumbuh dewasa dengan bekal kasih sayang, dukungan dana, dan bimbingan yang cukup. Karena itu, sekarang terserah bagaimana cara Anda memperbaiki kehidupan. Jika Anda tak mendapatkan sistem dukungan yang diperlukan, cobalah berpaling ke buku-buku inspirasional yang tersedia,” tulis Lynn.

Karena tekun membaca buku dan mendengarkan CD audio, Lynn berhasil menjadi penulis buku dan mentor bisnis. Ia menegaskan, untuk memberikan sesuatu, seseorang harus punya sesuatu dulu untuk diberikan, apa pun bentuknya.

Demikian pula halnya dengan penulis. Penulis harus mempunyai lebih untuk dibagikan kepada orang lain. Nah, untuk memiliki lebih itu, ia mesti berjuang mendapatkannya dengan berbagai upaya. Misalnya, membaca berbagai bacaan, mulai buku, surat kabar, majalah, hingga pengetahuan yang bersumber dari internet.

Seorang penulis mesti belajar dari banyak sumber, terus-menerus. Sebab, penulis yang baik adalah pembelajar yang baik. Apalagi, membaca adalah bekal yang sangat berharga. Terutama bagi penulis, ia harus benar-benar well informed.

Sidoarjo, 24 Mei 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 24, 2013, in Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: