Mengapa Lambang RI Garuda?


Catatan Eko Prasetyo

gado-gado + jus tomat = surga dunia

Dalam buku Jadi Penulis? Siapa Takut! (Kaifa, 2012), Alif Danya Munsyi alias Remy Sylado memberikan tuntunan kepada siapa saja yang tertarik menekuni dunia tulis-menulis. Intinya, menurut dia, penulis harus memiliki kemauan untuk bertanya dan keharusan menjawab persoalan-persoalan yang menarik.

Mungkin saja masalah itu merupakan hal yang sederhana. Namun, pertanyaan apa pun -meski itu sangat sederhana- harus dijawab. ”Sebab, dengannya kita sedang melatih diri untuk menjadi cerdas dan cendekia dalam masalah kebudayaan,” tulisnya (2011:20).

Ia lantas mengajak dengan memulai melontarkan pertanyaan sederhana. Pertama, mengapa di bawah gambar Garuda Pancasila dipilih kata-kata Bhineka Tunggal Ika? Kedua, mengapa pula lambang negara ini dipilih gambar garuda, bukan bebek, kijang, atau panther?

Pertanyaan-pertanyaan yang hadir di awal ikhtiar menulis ini menandakan patutnya fitrah kesungguhan dalam kehendak kita untuk melakukan survei. Menurut Alif, survei merupakan tanggung jawab kebudayaan ddari dorongan berpikir kreatif.

Oke sekarang kita jawab pertanyaan tadi. Kalimat Bhineka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karya Empu Tantular yang hidup pada abad XIV. Maknanya kurang lebih adalah berbeda namun satu jua.

Lantas, mengapa lambang negara kita bergambar burung garuda, bukan hewan lainnya? Untuk yang satu ini, pasti Anda bisa menjawabnya. Intinya, Alif berusaha mengajak para penulis untuk mau belajar, mau membaca. Itu saja.

Yang jelas, jangan berimajinasi ke mana-mana, misalnya membayangkan seandainya lambang RI adalah burung emprit. Berabe!

Sidoarjo, 24 Mei 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 24, 2013, in Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: