30 Hari Menulis Buku (3)


Waktu Ideal untuk Menulis

Catatan Eko Prasetyo

penulis buku Kekuatan Pena

TimeToWrite_2

Sumber ilus: badanotonomgema.blogspot.com

Terkait dengan mood, biasanya akan muncul pertanyaan: Kapan waktu yang ideal untuk menulis? Hal semacam ini wajar. Sebab, banyak orang yang menekuni dunia menulis bukan sebagai profesi utama. Dengan kata lain, menulis masih merupakan pekerjaan sampingan.

Efeknya, mood dijadikan alasan apabila suatu karya tak kunjung dihasilkan. Akhirnya, timbul korelasi dengan munculnya pertanyaan tadi. Jadi, kapan waktu ideal itu?

Mungkin kita bisa berkaca pada pengalaman Janet Mirriam Taylor Holand Caldwel. Novelis kondang asal Inggris ini lebih dikenal dengan nama Taylor Caldwel. Ia punya kebiasaan kerja yang unik.

Caldwel menulis mulai tengah malam hingga menjelang subuh. Ia istirahat atau tidur hingga hari terang. Ia menyatakan, menulis pada malam hari itu indah. Sebab, di siang hari banyak gangguan seperti suara aktivitas hidup, telepon, dan kegiatan lain (Lasa Hs, 2005 : 74).

Lain halnya dengan Sol Stein, seorang direktur penerbitan besar. Ia bangun sebelum pukul 07.00. Usai sarapan, ia mengetik naskah hingga pukul 09.00, lalu berangkat ngantor. Rata-rata ia menulis selama dua jam. Karyanya yang terkenal adalah Living Room, The Childkeeper, dan The Magician.

Pengakuan lain diberikan Sirikit Syah, kolumnis produktif yang pemikirannya mewarnai banyak media massa nasional. Sebagai dosen, praktisi media, penulis buku, penyair, dan ibu rumah tangga, ia mengakui sulit meluangkan waktu untuk menulis jika berada di rumah. Sebagian besar artikel-artikelnya yang pernah dimuat di surat kabar atau majalah justru lahir ketika ia sedang berada di kafe untuk sekadar menikmati cappuccino atau nyeruput kopi di Star Bucks.

Saya sendiri punya pengalaman berbeda. Bagi saya, waktu yang ideal saat menulis adalah pukul 03.00 sampai menjelang subuh. Pada saat-saat itu, kondisinya begitu tenang. Pikiran pun fresh. Apalagi jika melakukannya setelah salat Tahajud, wow nikmatnya. Ide pun mengalir jernih. Bagaimana dengan Anda?

Sidoarjo, 10 Mei 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 10, 2013, in Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: