Pertemuan Keenam


Catatan Prast

pengajar di Sirikit School of Writing

Suasana di kelas buku populer SSW.

Suasana di kelas buku populer SSW.

Ahad, 17 Maret, akan menjadi pertemuan keenam antara kami di kelas buku populer Sirikit School of Writing (SSW). Itu berarti tatap muka tersebut menjadi jumpa terakhir. Angkatan pertama dan kedua secara bersamaan akan mengikuti sesi puncak ini.

Artinya pula, masing-masing peserta yang berasal dari berbagai latar belakang dan profesi itu akan menerima laporan hasil belajar (rapor). Terlepas apa pun simbol angka yang tertera pada sertifikat dan rapor mereka, target utama saya adalah mereka menyusun naskah buku masing-masing. Tidak sekadar itu, mereka juga harus berupaya, berkomitmen, dan bekerja keras untuk bisa merampungkannya.

Sesuai silabus dan modul kelas yang telah saya buat, tiap-tiap pertemuan ada progres yang mesti dicapai. Mulai memetakan target pembaca, membuat outline yang menarik, mengetahui lebih dalam bahasa dalam buku populer, mencari bahan isi buku, memahami seluk-beluk penerbitan buku, hingga strategi pendekatan ke penerbit sekaligus pendistribusiannya. Termasuk lampiran-lampiran seperti surat perjanjian kerja sama (SPK) penerbitan, outline buku yang saya tulis, serta UU Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Selepas “belajar” singkat dalam enam sesi itu, mereka tidak lantas bisa berleha-leha. Saya akan tetap dan terus memantau seberapa jauh progres yang telah dicapai. Terutama, penulisan buku masing-masing. Setidaknya diharapkan paling tidak mereka dapat merampungkannya dalam tempo maksimal empat bulan.

Ahad, 17 Maret, bakal menjadi pertemuan puncak kami di kelas buku populer SSW. Namun, bukan berarti selanjutnya para peserta tidak bisa bersemuka dengan saya kembali. Apalagi, dengan beberapa di antaranya, saya telah menjalin silaturahmi dan kekeluargaan yang begitu erat. Kalaupun ingin ”bertemu” kembali, mereka bisa menjumpai saya lewat modul tadi. Jadi, sebenarnya pertemuan ini bukanlah akhir.

Kota Pahlawan, 17 Maret 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 16, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: