Stiker Kebanggaan


Catatan Must Prast

penggemar Kla Project, rondo royal, dan kopi tubruk

stiker ikaunesaBentuknya biasa, tapi lahir dari kebersamaan yang luar biasa. Tampilannya pun sederhana, namun menyimpan filosofi kuat. Inilah stiker IKA Unesa yang dibikin tim Satker IKA Unesa.

Kerja tim ini betul-betul set set wet. Pasca peluncuran web alumni (ikaunesa.net) pada Temu Alumni Unesa 6 Januari silam, diputuskan untuk merombak wajah situs tersebut. Ini dilakukan agar web terlihat lebih apik dan luwes. Warna dasar abu-abu di wajah lama ikaunesa.net diganti dengan perpaduan biru, hijau, dan oranye. Tim web ini terdiri atas Samsul Hadi, Rukin Firda (pemred), dan Abdur ”Roy” Rohman. Satu ”additional player” lain adalah Fiki.   

Beberapa konten juga mengalami penyesuaian. Rubrik andalannya tetap Info Kerja, Peluang Usaha, Rawon Paidi, dan Lho Iki Lak. Web alumni ini jauh lebih unik dan berbeda dengan situs alumni perguruan tinggi lain karena memiliki forum khusus di Member Zone untuk bersilaturahmi satu sama lain. Setelah mendaftar dan isi password, alumni akan saling terkoneksi dan bisa langsung berinteraksi serta berbagi informasi.

Pembenahan web ini masih terus berlangsung. Namun, yang membahagiakan adalah Gerakan Bangga Alumni Unesa yang dicetuskan Samsul Hadi menjelang acara wisuda ke-76 Unesa. Tujuannya tidak lain adalah memupuk rasa kebersamaan dan membangun sinergi alumni lintas jurusan dan lintas angkatan untuk mendukung kejayaan almamater.

Kebersamaan ini penting setelah sekian lama IKA Unesa dianggap seolah hidup segan mati tak mau. Setelah lulus dan diwisuda, para alumnus hanya mendapat selembar kartu IKA Unesa thok til tanpa manfaat riil. Satker IKA Unesa pun akhirnya dibentuk dan berupaya membangun kembali kepercayaan ratusan ribu alumni Unesa yang bertebaran di seantero negeri. Satker ini pula yang ikut ndandani web alumni yang ciamsor (ciamik soro) itu.

Untuk membangun kebanggaan sebagai alumni Unesa, harus ada tagline resmi IKA Unesa. Lantas, dibuatlah semacam lomba tagline IKA Unesa yang dijuri oleh Luthfiyah Nurlaela, Sirikit Syah, Rukin Firda, dan Pratiwi Retnaningdyah. Akhirnya, terkumpul lebih dari 50 tagline. Kemudian dipilih empat nomine terbaik untuk kemudian divoting oleh para alumnus Unesa.

Luar biasa! Voting yang masuk pada 9 Maret lalu sekitar 800 suara dan 36 persen sepakat memilih tagline ”Saling Berbagi, Saling Menginspirasi” milik Abdul Hamid, lulusan S-1 pendidikan sejarah yang pernah mengikuti program SM-3T di Sumba Timur, NTT. Alhasil, ia berhak menggondol uang tunai gres kinyis-kinyis sebesar Rp 1 juta. Tagline ini pun langsung dipasang di web ikaunesa.net.

Belum cukup di situ. Skuad Satker IKA Unesa juga membikin stiker bangga almamater. Total, ada sekitar 1.600 stiker gratis yang dibagikan saat acara wisuda ke-76 Unesa di GOR Bima, kampus Lidah Wetan. Semuanya ludes tak bersisa dalam tempo singkat. Ida Tisrina, lulusan S-2 bahasa Inggris yang mengajar di SMAN 2 Sidoarjo, mengaku langsung menempelkan stiker itu di mobilnya. ”Keren. Njaluk maneh po’o, rek,” ucapnya merajuk.

Stiker ini rencananya akan didesain ulang dengan memasukkan tagline IKA Unesa. Sudah selesai tugas satker? Belum!

Kami sepakat akan mengadakan pelatihan blog tingkat dasar untuk guru di Jawa Timur sepanjang tahun ini. Pelatihan ini masih dimatangkan kembali bersama kru satker dan menyesuaikan agenda para pendidik. Tujuan utamanya: melatih guru alumnus Unesa.

Masih ada satu agenda besar. Yang pasti keren! Prinsipnya, kini alumni boleh bangga terhadap IKA Unesa. Sebab, perlahan tapi pasti, kita akan saling berbagi dan bersinergi. Seperti tagline yang tercantum di stiker IKA Unesa. Sudah punya?

Kota Pahlawan, 14 Maret 2013

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Maret 13, 2013, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: