Reading for Ideas


Kering ide? Percayalah itu adalah musuh nomor dua seorang penulis. Betapa tidak enaknya jika naskah buku yang hampir jadi tiba-tiba terhenti di tengah jalan lantaran gagasan sang pengarang macet. Ini adalah suatu keniscayaan alias bisa dialami oleh siapa pun, baik penulis pemula maupun penulis profesional. 

Nah, di sinilah kegiatan membaca menunjukkan peran penting. Kita mesti sadar bahwa sepanjang kehidupan banyak informasi yang kita manfaatkan berasal dari bacaan. Terkait dengan hal itu, seorang penulis bisa menerapkan reading for ideas alias membaca untuk menggali ide.

Saat ini saya sedang terlibat penulisan buku motivasi dengan Much Khoiri, pengarang dan akademisi dari Universitas Negeri Surabaya. Tentu saja saya kerap menemui kesulitan di lapangan. Terutama yang terkait dengan pengembangan gagasan. Apalagi, deadline penulisannya sudah mepet.

Agar ide tidak mandek di tengah jalan, saya menerapkan reading for ideas. Caranya, mengumpulkan bacaan-bacaan dari surat kabar, majalah, dan buku-buku sebagai penunjang pengembangan gagasan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Paul S. Anderson dalam Language Skill in Elementary Education (Macmilillian Publishing), agar kita dapat mencari, menemukan, serta mendapat keuntungan dari ide-ide yang terkandung dalam bacaan, kita harus bisa membuat diri sendiri menjadi pembaca yang baik (good reader). Hal ini terdiri atas empat poin utama. Pertama, pembaca yang baik tahu mengapa dia membaca. Kedua, pembaca yang baik memahami apa yang dibacanya. Ketiga, pembaca yang baik harus menguasai kecepatan membaca. Keempat, pembaca yang baik mesti mengenal media massa.

Untuk itu, reading for ideas dapat diterapkan di kelas-kelas menulis. Yang lebih penting, kita harus mengingat bahwa suatu sumber yang kaya akan ide merupakan dasar komunikasi. Anak-anak (dan kita juga) cenderung berbicara dan menulis secara baik kalau penuh dengan gagasan. Masih kering ide?

Sidoarjo, 21 Desember 2012

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 21, 2012, in budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: