Pak Harto dan Sekumpulan Gajah


Pak Harto setelah kunjungan ke daerah. (Sumber: foto.news.viva.co.id)

Pak Harto setelah kunjungan ke daerah. (Sumber: foto.news.viva.co.id)

Cuaca di permukiman warga transmigran di Lampung cukup cerah hari itu. Namun, ada pemandangan yang tidak biasa. Kondisi kebun-kebun para transmigran porak-poranda karena diinjak-injak gajah.

Rupanya, hewan-hewan besar itu keluar dari hutan karena setiap enam bulan sekali mereka perlu berendam di laut untuk mendapatkan garam. 

Laporan tersebut pun masuk ke Departemen Lingkungan Hidup yang dipimpin Prof Dr Emil Salim. Sementara di lokasi, sepasukan tentara bersiap dengan senjata terkokang. Mereka sudah siap untuk menembaki serombongan gajah yang merusak kebun milik transmigran itu. Tinggal menunggu komando saja, maka timah panas bakal siap menembus tubuh binatang jumbo tersebut.

”Mendengar rencana itu, Pak Harto segera memerintahkan agar para tentara tidak menembaki kelompok gajah saat mereka pulang nanti, melainkan menggiringnya melalui jalan yang berbeda dengan menggunakan peralatan yang bisa menghasilkan bunyi-bunyian seperti genderang dan trompet,” cerita Emil.

Dengan begitu, lanjut Emil, pada perjalanan kembali ke habitatnya, gajah-gajah itu tidak lagi menghancurkan kebun dan rumah di desa transmigrasi.

Ide sederhana Pak Harto ini berakhir tidak sederhana. Setelah berhari-hari mengawal gajah pulang ke hutan, beberapa anggota TNI yang meneteskan air mata karena dapat merasakan kasih sayang di hati mereka terhadap hewan-hewan itu.

Presiden Soeharto lantas mengundang seluruh personel TNI yang bertugas saat itu ke rumahnya di Jalan Cendana. Tak terkecuali tentara yang berpangkat paling rendah. ”Dengan riang, Pak Harto menyalami mereka satu per satu dan mengucapkan terima kasih,” tutur Emil.

Sidoarjo, 15 Desember 2012

Bacaan: Pak Harto, The Untold Stories (Penerbit Kompas)

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 15, 2012, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: