Harapan dalam Life of Pi


Catatan Must Prast

editor Jawa Pos

Film ciamik Life of Pi. (Sumber: emanuellevy.com)

Film ciamik Life of Pi. (Sumber: emanuellevy.com)

Bagi para pelaut dan prajurit matra laut, Samudera Pasifik dikenal memiliki ombak ganas. Bisa dibayangkan bagaimana jika terapung-apung tanpa kejelasan di perairan tersebut. Tentu panik, stres, kalut, bahkan putus asa.

Namun, sebuah pesan bagus dikemas secara apik dalam Life of Pi. Seorang remaja tanggung berusia 16 tahun, Pi, baru saja diempas badai dahsyat. Kapal yang ditumpanginya karam. Ia kehilangan keluarganya.

Di tengah ketidakjelasan dan kecemasan, ia selamat dan terapung di sebuah sekoci. Nasibnya kian tak jelas karena mesti terdampar di tengah lautan luas nan ganas selama 227 hari! Itu belum seberapa. Pasalnya, ia mesti berbagi tempat di sekoci itu dengan pemangsa buas seberat lebih dari 200 kilogram, yaitu macan (Richard Parker)!

Film layar lebar Life of Pi ini telah beredar di bioskop mulai November 2012. Sang sutradara bukan nama asing, yakni Ang Lee, yang pernah membesut film fenomenal Brokeback Mountain dan Hidden Dragon. Film ini diadopsi dari buku berjudul sama yang ditulis oleh Yann Martel pada 2001. Tak tanggung-tanggung, buku tersebut menyabet award Booker Prize setahun berikutnya.

Film yang dibintangi oleh Suraj Sharma (Pi) dan Irfan Khan (Pi dewasa) tersebut layak mendapat label film inspiratif. Bahkan, majalah Time menjulukinya sebagai The Next Avatar. Ada nilai yang membuat film ini layak ditonton oleh pelajar dan generasi muda. Yaitu, jangan mudah menyerah meski berada pada situasi yang betul-betul rumit dan nyaris tak menyisakan kesempatan. Pertolongan Tuhan itu ada. Artinya, harapan pun selalu ada. Maka, enyahkan kata putus asa dalam kamus kehidupan kita. Inilah pencarian akan Tuhan yang dikemas dengan manis dalam Life of Pi.

Graha Pena, 9 Desember 2012

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 8, 2012, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: