Lebih Baik Tembak Kepala Saya!


Siapa bilang menulis itu mudah? Ini jelas pernyataan ngawur. Sebab, menulis terkait dengan kebiasaan dan pembiasaan. Seseorang yang tak pernah membuat artikel populer ilmiah pasti kelabakan jika disuruh menulis artikel populer ilmiah walau satu paragraf sekalipun!

Sahabat saya, Habe Arifin, punya pengalaman menarik soal ini. Dalam suatu kesempatan, ia meminta salah satu anak buahnya untuk membuat surat undangan untuk disebarkan ke para koleganya di seluruh Indonesia. Apa jawaban sang anak buah?  

”Pak, daripada saya disuruh menulis, lebih baik saya ambil pistol dan silakan tembak kepala saya…!” ujarnya. Sang bos hanya melongo.

Jadi, mana yang benar, menulis itu sebenarnya mudah atau sulit? Tentu saja jawabannya ada dua. Jawabannya mudah jika yang menjawab sudah terbiasa menulis. Sebaliknya, jika pertanyaan tersebut ditujukan pada seseorang yang tidak terbiasa menulis, dia pasti menjawab sulit.

Saat ini hampir tidak ada bidang yang tidak membutuhkan keterampilan menulis. Upaya untuk membangun kultur menulis terus-menerus dilakukan. Mulai kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pebisnis, guru, pegawai kantoran, hingga guru besar.

Namun, idealnya budaya ini mesti ditanamkan sejak dini. Sebab, anak-anak tentu masih fresh dan mudah untuk menerima sesuatu yang baru. Satu lagi: mereka tak bakal minta diambilkan pistol dan menembaknya.

Untuk itu, kini saatnya melakukan revolusi membaca dan menulis di Indonesia melalui gerakan yang masif. Mari kita mulai dari diri sendiri. Belum terlambat.

The Taman Dayu, 7 Desember 2012

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 7, 2012, in Catatan Harian, Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: