Malangnya Timnas


Timnas Indonesia akhirnya menuai malu di ajang Piala AFF 2012. Pada dua laga awal di grup B, Indonesia punya modal lumayan. Seri 2-2 kontra Laos dan menang 1-0 atas Singapura lewat gol indah Andik Vermansyah. Untuk lolos ke babak selanjutnya, Indonesia hanya butuh hasil seri dengan catatan Singapura ditahan imbang Laos.

Namun, hasil di atas lapangan berkata lain. Harapan suporter Garuda pupus. Setelah sempat membombardir gawang Malaysia pada menit-menit awal, Indonesia kecolongan dua gol lewat Moh. Azamudin (26’) dan Mahali Jazuli (29’).

Saat tulisan ini dibuat, Indonesia tertinggal 0-2 oleh tuan rumah. Di laga lain, Singapura unggul 4-3 atas Laos. Dengan demikian, peluang timnas untuk lolos sangat kecil. Di grup A, Thailand dan tim kejutan Filipina sudah memastikan lolos ke semifinal.

Hasil ini menambah rentetan keringnya prestasi yang ditorehkan timnas. Terlepas dari torehan timnas di Piala AFF 2012, hal ini seharusnya menyita perhatian publik sepak bola tanah air. Kita masih disuguhi konflik dualisme antara PSSI dan KPSI. Dua kutub kepemimpinan ini berimbas pada dua kompetisi kasta teratas, yakni ISL dan IPL.

Dampaknya juga berbuntut ke timnas besutan Nil Maizar yang bertanding di Piala AFF. Pemain ISL dilarang klubnya memperkuat skuad Merah Putih. Hanya Bambang Pamungkas yang notabene dari ISL yang mau memperkuat timnas PSSI.

Pencinta sepak bola tanah air dibikin gerah oleh dualisme ini. Jika tidak ada iktikad baik antara PSSI dan KPSI untuk menyudahi konflik ini, jangan harap timnas kita bisa menuai prestasi seperti harapan masyarakat Indonesia. Buktinya, baru saja pertandingan Piala AFF 2012 berakhir. Indonesia kalah 0-2 oleh Harimau Malaya (julukan timnas Malaysia). Artinya, timnas kita gagal lolos ke semifinal setelah tahun lalu mampu menembus final. Lagi-lagi timnas kita terpuruk.

Graha Pena, 1 Desember 2012

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Desember 1, 2012, in Catatan Harian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: