One Year One Book


Catatan Eko Prasetyo

editor Jawa Pos

MEMESONA: Prof Dr Sarmini MHum, guru besar Unesa. (Sumber: Majalah Unesa edisi 50, Oktober 2012)

Ada yang menarik di majalah Unesa nomor 50 yang terbit Oktober 2012. Selain desain sampulnya yang elegan, sosok inspiratif yang ditampilkan tak kalah elegan. Yakni, Prof Dr Sarmini MHum.

Dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut adalah guru besar termuda di bidang antropologi budaya pada perguruan tinggi pencetak tenaga pendidik itu. Perempuan kelahiran Ponorogo, 8 Agustus 1968, tersebut merampungkan pendidikan S-1 di IKIP Surabaya (Unesa), selanjutnya menempuh S-2 dan S-3 di Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

Wanita yang tetap terlihat cantik itu kini masih melanjutkan aktivitasnya di dunia menulis. Terutama penelitian antropologi budaya. Yang patut diapresiasi, Prof Sarmini ke depan menargetkan one year one book, menulis satu buku dalam waktu satu tahun. Mantap!

Sekilas mungkin target tersebut tampak mudah. Namun, sesungguhnya komitmen one year one book  tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, apa yang dicanangkan Prof Sarmini patut diacungi dua jempol. Ini bisa dijadikan contoh untuk menggugah kesadaran orang dalam membangun sebuah peradaban melalui budaya menulis.

Komitmen ini juga perlu ditularkan kepada generasi muda. Mereka harus mampu berbuat andil dan memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan minat dan bakat masing-masing melalui kegiatan menulis.

Di tengah gairah gaung kegiatan literasi saat ini, semboyan one year one book juga mesti dikumandangkan. Hal ini patut diteruskan oleh anak-anak bangsa, generasi penerus dan calon pemimpin negeri ini. Dari ide-ide dan kreativitas mereka inilah kelak masa depan Indonesia ditentukan.

Marikita semua mendukung gagasan one year one book. Dan ini bisa dimulai dari diri sendiri dahulu. Siap?

Graha Pena, 22 Oktober 2012

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Oktober 22, 2012, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: