Klub Baca Buku IGI (5)


Baca Buku 742 Halaman tanpa Keder

Catatan Eko Prasetyo

editor Jawa Pos

Karena penuh kisah inspiratif, dijamin tak keder baca buku tebal ini. (Gambar: Google)

Minggu sore itu saya sempatkan ke toko buku sebelum ngantor. Saya ambil satu buku Biografi Steve Jobs karya Walter Isaacson yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Bukunya sangat tebal, 742 halaman plus lampiran dan foto-foto mendiang pendiri Apple inc. tersebut.

Buku itulah yang akan didiskusikan dalam Klub Baca Buku IGI. Harga resminya di toko buku Rp 119.000. Meski harganya cukup menguras kantong, banyak manfaat yang bisa dipetik dari membaca buku sang maestro ini.

Ya, tepat 1 Juni nanti saya bersama Dhitta Puti Sarasvati (IGI) dan Ameliasari Kesuma atau akrab disapa Lea (MAN Salatiga) akan memulai kegiatan Klub Baca Buku IGI. Kami mengajak para guru untuk nimbrung dalam diskusi nanti, baik di mailing list (milis) Ikatan Guru Indonesia (IGI) maupun grup Facebook IGI.

Saya sudah membaca buku Biografi Steve Jobs ini. Luar biasa. Dalam buku ini, diceritakan perjuangan Jobs pada awal-awal ia memulai inovasinya. Dikisahkan pula bagaimana cibiran-cibiran atas dirinya tak membuat Jobs putus asa. Ia bermimpi untuk membuat sesuatu yang bisa mengguncang dunia. Jobs selalu berpikir dan ingin melakukan sesuatu yang inovatif yang belum dilakukan oleh orang lain. Ia lantas dianggap gila. Namun, siapa sangka cara berpikir out of the box-nya mampu menggulingkan kritik dan cibiran terhadap dirinya. Dia akhirnya sukses berkat kerja keras.

Salah satu slogan produk Apple dalam Think Different pada 1997 ini bisa membangkitkan semangat siapa saja. ”Siapa saja yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka bisa mengubah dunia, berarti mereka adalah orang yang betul-betul mengubah dunia.”

Di sisi lain, buku ini ditulis oleh jurnalis kawakan Walter Isaacson. Ia adalah Aspen Institute. Ia bukan orang sembarangan. Selama karirnya, ia pernah menjadi pemred CNN dan editor majalah terkemuka Time. Isaacson telah menulis buku biografi tokoh dunia seperti Albert Einstein dan Benjamin Franklin.

Foto Jobs saat masih muda (kanan) dan gaek ini menjadi cover buku biografi pendiri Apple tersebut. (Gambar: rakbukuonline.wordpress.com)

Buku Biografi Steve Jobs ini menuai banyak pujian. Buku tersebut dituturkan berdasar wawancara dengan Jobs dan disajikan apa adanya. Jujur dan amat terbuka, sesuai dengan permintaan Jobs sendiri. Membaca buku ini seolah kita berhadapan langsung dengan Jobs.

Masih banyak inspirasi yang bisa dipetik dari membaca buku ini. Begitu asyiknya membaca tiap letupan motivasi dari lembaran-lembaran buku ini, sehingga saya yakin siapa pun tidak akan keder dengan ketebalannya (lebih dari 740 halaman).

Ada 41 bab dalam buku ini. Tiga bab pertama saja sudah menyajikan hal menarik. Yakni, Masa Kecil, Dua Steve, dan Putus Kuliah. Jika setiap hari kami mendiskusikan atau mengulas minimal tiga bab, dalam dua pekan saja 41 bahasan tersebut rampung. Artinya, tidak mungkin kita mengulas suatu bab tanpa membacanya.

Nah, inilah sebenarnya tujuan utama Klub Baca Buku ini. Kami ingin mengajak para pendidik untuk menggiatkan aktivitas membaca buku yang dimulai dari diri sendiri. Dalam diskusi nanti, diharapkan ada interaksi dan berbagai tanggapan. Kiat serta metode membaca yang inspiratif, itulah yang kami harapkan. Setidaknya Klub Baca Buku ini bisa mendukung gerakan literasi yang lebih masif. Semoga.

Graha Pena, 27 Mei 2012

https://mustprast.wordpress.com

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 27, 2012, in Edukasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: