Klub Baca Buku IGI (4)


Liburan, Saatnya Baca Buku

Catatan Eko Prasetyo

editor Jawa Pos

Membaca buku pun bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. (Foto: Kompasiana.com)

Juni datang, liburan sekolah pun tiba! Bagi kebanyakan siswa, waktu liburan adalah saat yang sangat dinanti-nanti. Sebab, mereka bisa rehat dari kepenatan dan rutinitas sekolah. Umumnya, yang dilakukan saat liburan sekolah adalah bertamasya atau rekreasi ke tempat wisata.

Namun, tidak ada salahnya jika liburan ini diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Misalnya, membaca. Tak bisa dimungkiri, aktivitas membaca masih dinilai sebagai kegiatan yang menjemukan. Apalagi pada saat musim liburan.

Kendati demikian, tidak ada salahnya mencoba melunturkan anggapan itu. Membaca buku juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan dan menyegarkan.

Sudah seharusnya kita tanamkan kepada anak-anak kita tentang pentingnya membaca. Sudah saatnya pula buku dijadikan sahabat yang menyenangkan. Terutama di waktu senggang.

Tentunya membangun aktivitas itu bisa dimulai dari membaca buku-buku yang tema dan bahasanya ringan, tidak terlalu berat. Dengan demikian, diharapkan ada efek positif yang didapat dari kegiatan ini. Di sisi lain, membaca sesuatu yang menyenangkan akan membawa dampak yang menyenangkan pula.

Nah, ada beberapa kiat untuk membangkitkan gairah membaca. Dikutip dari situs allwomenstalk (19/5), berikut kiatnya.

Pertama, kita mesti mengubah cara pandang terhadap buku. Jamak diketahui buku diidentikkan dengan sesuatu yang berat dan menguras pikiran. Namun, pada saat ini banyak juga kok buku bertema ringan yang ditulis dengan bahasa yang mudah dicerna. Buku-buku seperti ini pun bisa dibaca kapan saja. So, ubahlah cara pandang bahwa buku itu identik dengan sesuatu yang berat dan melelahkan otak.

Kedua, buku bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kosakata kita. Ya, pasti ada satu di antara ribuan kata dalam buku yang tidak kita ketahui. Nah, dengan membaca buku, kita bisa mengetahui kosakata yang selama ini asing dan tidak diketahui untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam aktivitas menulis, perbendaharaan kata itu penting!

Ketiga, membaca buku itu memicu kreativitas. So pasti ada saja hal positif dari kegiatan membaca yang bisa melahirkan ide-ide segar. Saya sudah membuktikannya.

Keempat, menikmati petualangan baru. Kadang kita juga perlu menikmati imajinasi yang tidak bisa kita dapatkan dalam kehidupan nyata. Misalnya, dari membaca buku fiksi, kita bisa mendapatkan sensasi atau pengalaman seru. Dalam bacaan fiksi, kita bisa ikut bertualang mendapati pemandangan yang tidak umum seperti naga, kastil, penyihir, istana laut, dan lain-lain. Rasakan sensasinya!

Kelima, temukan hikmah. Seperti diketahui, buku yang inspiratif akan mengajarkan pembaca banyak pelajaran untuk mengarungi kehidupan ini. Dengan membaca buku, kita tidak harus melakukan hal buruk untuk mengetahui efeknya. Cukup dengan membaca pengalaman hidup sang pengarang, kita sudah bisa mengerti apa yang mesti kita lakukan.

Keenam, menambah teman dan sahabat. Membaca buku itu tidak hanya dilakukan untuk kesenangan sendiri. Kita juga bisa berbagi ceritanya dengan orang lain. Dengan demikian, kita bisa berbagi hal-hal ceria dan positif dari membaca suatu buku. Hal inilah yang ingin saya bangun dari Klub Baca Buku IGI nanti.

Ketujuh, banyak hal baru yang bisa didapatkan dari membaca. Kiranya, kalimat bijak bahwa buku adalah jendela duni itu memang benar. Dengan membaca buku, kita bisa memperkaya wawasan dan menambah pengetahuan.

Dari uraian di atas, ternyata banyak manfaat yang bisa dipetik dalam kegiatan membaca buku. Tentunya aktivitas ini juga perlu ditanamkan kepada anak-anak didik kita agar mereka juga bisa mengambil hal positif dari membaca. Termasuk untuk mengisi waktu liburan sekolah. Tidak hanya rekreasi ke tempat wisata yang bisa menjadi kegiatan menyenangkan. Membaca buku yang dilakukan oleh ayah, ibu, dan anak juga bisa menjadi alternatif yang menggembirakan. Yang jelas, sangat bermanfaat!

Graha Pena, 26 Mei 2012

https://mustprast.wordpress.com

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on Mei 26, 2012, in Edukasi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. artikelny bgus. sya suka..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: