Terbitkan Bukumu! (50)


Sukses Wikipedia yang Bikin Merinding

 

Catatan Eko Prasetyo

editor Jawa Pos

”Bayangkan sebuah dunia ketika setiap orang bisa mendapatkan semua pengetahuan yang dicapai oleh manusia secara cuma-cuma. Inilah yang sedang kami upayakan…”

~ Jimmy Wales, pendiri Wikipedia

*****

Buku inspiratif tentang kisah sukses Wikipedia. (sumber: online.wsj.com)

Dahsyat. Mungkin hanya kata ini yang bisa menggambarkan kesuksesan Wikipedia. Sebagaimana dikutip dari pengantar buku Wikipedia Revolution yang ditulis Andrew Lih (jurnalis, dosen, dan pengamat media dari Columbia University dan Hongkong University), saat ini sulit menggunakan internet tanpa mengalami persentuhan dengan Wikipedia dalam pencarian dan penjelajahan internet. Wikipedia harus diakui telah menjadi sumber daya dengan manfaat sangat besar dalam banyak bahasa. Dengan lebih dari dua juta artikel tentang Aa! (sebuah kelompok penyanyi pop asal Jepang) hingga Zzyzx, California, yang ditulis oleh banyak sekali kontributor relawan, Wikipedia menjadi situs ke-8 paling populer di World Wide Web (www).

Dibuat (dan dikoreksi) oleh siapa pun yang memiliki akses ke komputer, kumpulan pengetahuan dalam jumlah sangat mengesankan ini tumbuh dengan laju yang memesona. Yakni, lebih dari 30 juta kata dalam sebulan!

Rasanya, tidak ada orang di antara kita yang terbiasa mengakses internet yang tidak tahu apa itu Wikipedia. Situs ini banyak membantu dan menjadi rujukan tentang informasi bagi banyak kalangan. Mulai politikus, pegawai kantoran, guru, dosen, mahasiswa, hingga pelajar.

Maka, tidak ada salahnya jika kita membaca kisah sukses Wikipedia untuk mendapatkan inspirasi baru guna dimanfaatkan dalam bidang yang kita tekuni. Karya Andrew Lih ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan Gramedia dengan judul Kisah Sukses Wikipedia (2009).

Apa Itu Wikipedia?

Jimmy Wales sang pendiri Wikipedia. (sumber: Google)

Jimmy Wales memaparkan bahwa banyak pembaca yang tidak tahu falsafah yang ada di balik Wikipedia. Dia mengatakan, Wikipedia adalah ensiklopedia bebas lisensi (free licensed encyclopedia) yang ditulis oleh semua relawan dalam banyak bahasa. Artinya, bebas lisensi adalah satu di antara sejumlah hal yang paling penting. Jimmy memaknai bebas di sini seperti bebas dalam berbicara, bukan bebas menenggak bir. Artinya, dia memberikan kebebasan kepada semua orang.

 ”Anda bebas menyalin karya kami. Anda bebas dapat menyebarluaskannya, juga menyebarluaskan versi Anda. Anda bisa melakukan semua itu entah secara komersial atau tidak. Ketika kita bicara tentang Wikipedia sebagai ensiklopedia bebas, yang sesungguhnya kita bicarakan bukan perkara biaya yang diperlukan untuk mengaksesnya, melainkan tentang kebebasan yang Anda miliki untuk mengambilnya, mengubahnya, dan menggunakannya sekehendak Anda,” kata sang pendiri Wikipedia tersebut.

Seberapa besar Wikipedia? Sangat besar! Ensiklopedia ini tercatat berisi lebih dari 1 miliar kata yang menjadikannya lebih besar daripada gabungan Britannica dan Encarta.

Seberapa besar Wikipedia di dunia? Tercatat Wikipeda memiliki lebih dari 2,5 juta artikel berbahasa Inggris, tetapi edisi bahasa Inggris kurang dari satu per tiga karya Wikipedia secara keseluruhan. Ini sungguh proyek yang mendunia dalam banyak bahasa.

Selain itu, Wikipedia punya 800 ribu artikel berbahasa Jerman dan lebih dari 500 ribu artikel dalam edisi bahasa Prancis, Polandia, dan Jepang. Pada 2008 saja, secara keseluruhan tercatat ada 25 edisi bahasa yang masing-masing memiliki sekitar 100 ribu artikel.

Jimmy menambahkan, ada 10 juta artikel yang ditulis dalam lebih dari 200 bahasa. Pihaknya memiliki versi  Wikipedia dalam 70 bahasa yang masing-masing berisi sekurangnya 10 ribu artikel.

Tahukah Anda bahwa Wikipedia mengalahkan popularitas New York Times, bahkan media besar di Amerika Serikat lainnya seperti LA Times, Wall Street Journal, dan MSNBC?

Sejak didirikan pada 2001, tidak ada yang menyangka bahwa Wikipedia akan berkembang dan maju pesat seperti sekarang. Saat Jimmy Wales melontarkan gagasannya untuk membuat proyek ini, ia bahkan disebut gila dan menjadi olok-olokan.

Apa teknologi menakjubkan yang ada di balik Wikipedia? “Pada dasarnya sederhana. Anda memerlukan database, server web, browser web, dan konsep penyuntingan wiki,” jelas Jimmy. Meskipun konsep wiki sudah ditemukan pada 1995 oleh Ward Cunningham, Wikipedia belum ada sampai tahun 2001.

Maka, semua teknologi dan gagasan tentang wiki, yakni situs web yang dapat disunting siapa pun, telah hadir sejak 1995. Lalu, andai Wikipedia inovasi teknologi, mengapa tidak dikembangkan sejak dini?

Menurut Jimmy, Wikipedia bukan inovasi teknolog, melainkan inovasi sosial.  Salah satu ciri utama yang membuat Wikipedia sukses adalah free licensing. Ini sangat memberdayakan semua orang yang mengerjakan situs ini.

Wikipedia menunjukkan kepada kita suatu cara yang berdaya guna untuk bergerak maju melalui pemberdayaan banyak orang guna berbuat baik. Wujudnya adalah kerja sama.

Tidak seperti kebanyakan situs di internet yang meminta sesuatu ketika menyilakan seseorang mengisi user-generated content, di Wikipedia tidak ada pendaftaran, tidak ada e-mail, tidak ada bukti diri yang diminta sebelum seseorang dapat mengubah halaman Wikipedia. Pada awalnya, orang mengira situs ini akan membuktikan sendiri bahwa model ”penyuntingan terbuka” bakal menimbulkan kekacauan tak terkendali serta bencana yang tidak tanggung-tanggung. Namun, prediksi itu keliru dan hasilnya berlawanan sama sekali.

Kini Wikipedia telah menjadi sasaran pilihan yang pertama untuk banyak orang dan sekarang fungsinya sebagai bagian dari integral khazanah pengetahuan yang ada di internet.

 Situs-situs web yang peringatnya berada di atas Wikipedia seperti Google, Yahoo, dan Microsoft adalah perusahaan-perusahaan miliaran dolar yang memiliki puluhan ribu karyawan. Wikipedia hanya punya anggaran kurang dari USD 500 ribu pada 2006 dengan karyawan penerima gaji tetap tidak sampa 12 orang.

Pertumbuhan Wikipedia terus merangkak naik dan kian dahsyat dari tahun ke tahun. Pada 2006, Wikipedia menyabet penghargaan bergengsi Webby and Prix Ars Electronica Awards. Jimmy Wales sendiri disebut sebagai 100 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2006 oleh majalah Time.

Banyak pihak yang terinspirasi oleh sukses Wikipedia. Salah satunya adalah Thomas Friedman, penulis buku fenomenal The World is Flat. Hebohnya, Friedman mengutip dua halaman penuh tulisan Jimmy Wales di Wikipedia dalam buku terkenal itu. Dunia mengakui kehebatan Wikipedia.

Andrew Lih menulis buku Wikipedia Revolution dalam kondisi lengan patah selama delapan pekan. (sumber: Google)

Banyak kisah-kisah inspiratif yang diungkapkan secara gamblang dan apik oleh Andrew Lih dalam buku Kisah Sukses Wikipedia ini. Mulai sejarahnya sampai bagaimana Wikipedia memicu gelombang kemajuan informasi. Tokohnya inspiratif, banyak cerita inspiratif pula di dalamnya. Yang hebat, penulisnya (Andrew Lih) menulis buku ini dengan kondisi lengan patah setelah mengalami kecelakaan. Ia harus istirahat selama delapan pekan. Menulis buku dalam kondisi cacat selama delapan pekan tentu bukan hal yang mudah. Namun, ia ternyata mampu melakukannya. Perjuangan dan kegigihan Lih dalam mengolah data dan riset serta menulis buku ini tak kalah heroik dengan kisah sukses di balik situs Wikipedia. Sama-sama bikin merinding!

Sidoarjo, 22 April 2012

Bacaan:

Jawa Pos

Kisah Sukses Wikipedia (Gramedia, 2009)

New York Times (nytimes.com)

Wikipedia.com

 

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 21, 2012, in Menulis and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: