Pojok Bahasa: Yogyakarta atau Jogjakarta?


Catatan Must Prast

penulis buku Tepat Memilih Kata

Ponsel saya berdering, ada pesan pendek masuk. Pesan tersebut dikirim oleh Mas Hartoko, wartawan senior yang kini menekuni dunia kehumasan. ”Mana yang tepat, Yogyakarta atau Jogjakarta?” tulisnya dalam bahasa Jawa.

Di masyarakat, penggunaan kata tersebut memang bervariasi. Ada yang menyebut Yogyakarta, Jogjakarta, Yogya, Jogja, Yogja, Jogya, bahkan ada yang menyebutnya Yojo. Bentuk yang bervariasi ini dimungkinkan salah satunya karena pelafalan yang berbeda-beda antarpengucap dari berbagai daerah.

 

Perkembangannya

Sebagaimana dikutip dari Yogyes.com, ada tiga perkembangan yang dapat diuraikan. Pada 1755, Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I mendirikan keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton tersebut didirikan di Alas Bering sebagai wujud Perjanjian Giyanti yang dilakukan dengan Pakubuwono III dari Surakarta.

Beberapa kalangan menilai bahwa nama Yogyakarta diambil dari kata Ngayogkarta. Secara resmi, nama Yogyakarta telah dipakai sejak awal kemerdekaan Republik Indonesia. Pada 1949, Yogyakarta pernah menjadi ibukota negara Indonesia. Sri Sultan Hamengku Buwono IX  pun telah memakai nama Yogyakarta pada saat mengumumkan bahwa kerajaan itu merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul variasi pengucapan terhadap kota pelajar ini. Sebagaimana dijelaskan di atas, variasi itu sangat mungkin dipengaruhi pelafalan yang berbeda-beda antarorang dari berbagai daerah.

Untuk itu, saya mesti cermat menjawab pertanyaan Mas Hartoko tadi. Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang diwadahi atau dianjurkan dipakai adalah kata Yogyakarta.Kendati muncul berbagai variasi, setidaknya mengacu pada sisi sejarahnya, nama Yogyakarta adalah yang paling tepat.

Surabaya, 10 April 2012

Sumber:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa Jakarta)

Yogyes.com

Iklan

About Eko Prasetyo

Mari Beramal lewat Ilmu

Posted on April 10, 2012, in Bahasa and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: